Definisi
Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer
interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan
antara manusia dankomputer yang
meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan
oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk
merancang pesan elektronik. Sedangkan
interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan
kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang
keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka
untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan Sistem harus sesuai dengan
kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai
pemakai.
Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer
Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan
interaksi dengan komputer :
2.
Faktor manusia berkaitan dengan masalah-
masalah psikologis.
3.
Interaksi manusia dan komputer mengkaji
bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait
dengan manusia dengan komputer.
bagi para perancangnya alat fisik interaksi antarmuka
komputer sering diuji, sehingga memungkinkan pertukaran informasi.
Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan
sebuah antarmuka adalah :
2.
Metode implementasi antarmuka.
3.
Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
4.
Pengembangan antarmuka baru.
5.
Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori
dari sebuah antarmuka baru.
Tujuan
interaksi manusia dengan komputer
·
Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi
manusia & komputer :
untuk
mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai
umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem
komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar
sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan
penggunanya (user friendly).
·
Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap
dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau
keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga
susah untuk mengetik sesuatu.
Contoh-contoh
diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi
Manusia dan Komputer. Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita
lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu
pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat
suatu pekerjaan.
·
Upayakan untuk konsistensi.
·
urutan tindakan yang konsisten harus diminta dalam
situasi yang mirip.
·
Memungkinkan pengguna sering untuk menggunakan jalan
pintas
·
untuk meningkatkan laju singkatan menggunakan
interaksi, tombol khusus, perintah tersembunyi, dan makro.
·
untuk setiap tindakan pengguna, sistem harus merespon
dalam beberapa cara (dalam desain web, hal ini dapat dicapai dengan DHTML - misalnya, tombol akan
membuat suara klik atau mengubah warna saat diklik untuk menampilkan sesuatu
yang pengguna telah terjadi).
·
Desain dialog untuk menghasilkan penutupan.
·
Urutan tindakan harus diatur ke dalam kelompok dengan
awal, tengah, dan akhir. Umpan balik yang informatif pada penyelesaian
sekelompok pengguna tindakan menunjukkan aktivitas mereka telah selesai dengan
sukses.
·
Penawaran kesalahan pencegahan dan penanganan
kesalahan sederhana.
· desain bentuk sehingga pengguna tidak dapat membuat
kesalahan serius, misalnya, lebih memilih pilihan menu untuk membentuk mengisi
dan tidak mengizinkan karakter abjad di bidang entri numerik.
·
jika pengguna melakukan kesalahan, instruksi harus
ditulis untuk mendeteksi kesalahan dan menawarkan instruksi sederhana,
konstruktif, dan khusus untuk pemulihan.
·
segmen panjang formulir dan mengirimkan bagian
terpisah, sehingga pengguna tidak dikenakan sanksi karena harus mengisi
formulir lagi - tapi pastikan Anda menginformasikan kepada user bahwa beberapa
bagian yang datang
·
Izin tindakan pemulihan.
· Pengguna yang berpengalaman ingin bertanggung
jawab. Mengejutkan sistem tindakan, urutan membosankan data,
ketidakmampuan untuk memasukan atau kesulitan dalam mendapatkan informasi yang
diperlukan, dan ketidakmampuan untuk menghasilkan tindakan yang diinginkan
semua membangun kecemasan dan ketidakpuasan.
·
Kurangi beban memori jangka pendek.
- Sebuah studi menunjukkan bahwa manusia terkenal dapat
menyimpan hanya 7 buah (plus atau minus 2) informasi dalam memori jangka pendek
mereka. Anda dapat mengurangi beban memori jangka pendek dengan merancang
layar di mana pilihan yang jelas terlihat, atau menggunakan pull-down menu dan
ikon.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar